AGRO LAWU

Kumpulan Artikel Tentang Budidaya Buah Naga dan Jamur Tiram

  • INDONESIA

  • Kategori

  • Arsip

  • Iklan

Jenis Buah Naga Merah

Posted by suwardi10 pada Maret 11, 2009

Jenis Buah Naga Merah
Buah Naga daging merah adalah dari spesies yang paling sesuai untuk ditanam secara besar-besaran karena warna daging buahnya berwarna merah menarik. Jenis merah biasanya berasal dari Guatemala, Colombia, Honduras, El Savador. Selain itu jenis merah dapat pula disilangkan dengan jenis yang putih. Buah Naga daging merah adalah dari spesies yang paling sesuai untuk ditanam secara besar-besaran karena warna daging buahnya berwarna merah menarik. Jenis merah biasanya berasal dari Guatemala, Colombia, Honduras, El Savador.

Buahnya lebih kecil dari jenis putih, namun setelah dimuliakan dan mengalami persilangan, maka buahnya menjadi agak besar. Selain itu jenis merah disilangkan dengan jenis yang putih sehingga menjadi merah muda besarnya sama dengan jenis yang putih. Usaha ini telah dilakukan di perkebuanan besar di California Amerika serikat menanam jenis Delight atau Hylocereus polyrhizus X undatus merupakan jenis hybryda, menjadi usaha yang menguntungkan diperkebunanya. Di Malaysia semula membudidayakan jenis putih, namun kemudian beralih menanam ke jenis merah lebih cocok mungkin karena iklimnya mirip dengan iklim yang ada dari negeri asal buah naga jenis merah.

Selain itu ada pertimbangan lain adalah untuk menghasilkan nilai tambah. Kalaupun jenis putih hanya dimakan sebagai buah, jenis buah naga merah dapat menunjang industri hilir yang menyediakan berupa bahan produk makanan dan minuman. Rasanya pun lebih manis, beraroma dan lebih berair, sehingga buah naga jenis merah sangat baik dipakai sebagai bahan olahan. Warna hasil olahan sangat menarik asli berwarna merah terang, tanpa harus diberi tambahan pewarna, sehingga menghilangkan keraguan akan berakibat buruk pada kesehatan. Semakin merah warnanya semakin banyak pula unsur beta cerothene yang ada didalamnya, oleh sebap itu orang lebih suka memilih jenis buah naga berjenis merah.

Buah ini diproses menjadi berbagai produk seperti, juice kemasan, juga dibuat untuk jelly yang biasanya dimakan anak-anak maupun orang dewasa. Bagi penggemar berat ice cream serasa kurang lengkap bila, belum merasakan nikmatnya rasa buah naga, selain itu juga dibuat sirop untuk minuman ringan. Di Eropa para produsen aggur mulai melirik untuk dibuat minuman beralkohol dari bahan buah naga, ternyata buah itu dapat diproses dijadikan semacam anggur yang berwarna merah terang. Jangan kaget bila menemui minuman Martini yang terbuat dari buah naga, merupakan minuman yang paling eksklusif disaat ini. Oleh sebap itu harga buah naga merah lebih mahal dari jenis yang lain-lain, karena mempunyai nilai tambah. Inilah merupakan sebuah alasan kenapa lebih memilih menanam buah naga merah dari pada yang putih atau kuning.

Selain itu jenis Buah Naga jenis merah juga baik untuk tanaman hias akarnya dapat merambat ketembok. Beberapa pagar rumah banyak dirambati buah naga, yang rimbun, atau tiang-tiang teras rumah atau gerbang rumah. Selain itu sengaja dirambatkan didinding kondominium, apartement, ataupun rumah biasa yang jadi penghias tumbuhan rambat.

Jenis ini juga telah dikembangnkan di sragen, yang telah berhasil membudidayakan. Tersedia juga bibit berbagai jenis, baik itu yang telah besar, sedang maupun masih kecil Tentunya sulit untuk menyediakan semua jenis seperti tulisan diatas namun setidaknya ada beberapa jenis merah disana.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: