AGRO LAWU

Kumpulan Artikel Tentang Budidaya Buah Naga dan Jamur Tiram

Peluang Bisnis Buah Naga Masih Cerah

Posted by suwardi10 pada Maret 11, 2009

Peluang Bisnis Buah Naga Masih Cerah

oleh tor pada 06-08-2008

JOGJA (Joglosemar): Ayodya Integrated Farming, perusahaan pembibitan, penanaman dan konsultan pertanian Yogyakarta menilai peluang bisnis buah naga masih cerah. Permintaan pasar lokal di Yogyakarta dan sekitar masih tinggi.
Sementara permintaan pasar luar negeri lebih besar lagi. Bahkan pihaknya saat ini mulai mengembangkan produksi buah naga hingga 20 hektare.
“Kami sedang menyiapkan lahan 20 hektare untuk memenuhi permintaan ekspor buah naga di Timur Tengah yang jumlahnya 28.000 kaleng tiap bulan. Saat ini baru lima hektare lahan produksi kita. Target kita segera tercapai,” ujar Manajer Ayodya Integrated Farming, SS Purnama Jaya, di Jogja, Selasa (5/8).
Lebih lanjut Purnama mengatakan, untuk memenuhi permintaan ekspor buah naga kaleng pihaknya juga menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Karena lembaga tersebut memiliki pabrik pengalengan buah dengan kapasitas 3.000 kaleng per hari.
Lebih lanjut Purnama mengatakan, budi daya buah naga dalam skala bisnis di Yogyakarta khususnya dan Indonesia umumnya masih sedikit. Kebanyakan budi daya buah naga hanya sebatas hobi saja.
“Memang tren buah naga sudah menyebar, tapi budi daya skala besar masih bisa dihitung dengan jari. Padahal pasar lokal, Jakarta, Bangka Belitung kalau ada 10 ton per bulan,” ujarnya.
Untuk memenuhi produksi buah naga, kata Purnama, pihaknya menjalin kerja sama dengan masyarakat di daerah Gunungkidul. Sistem yang akan dibangun dalam budi daya buah tersebut adalah masing-masing warga akan diberikan lima bibit buah naga untuk ditanam di halaman rumah.
“Di Kecamatan Playen dan Karangmojo kita sudah mulai. Kalau tiap rumah lima saja, satu desa kan bisa dihitung berapa jumlah. Kita buat MoU hasil buahnya akan kita beli,” paparnya. (tor)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: